Welcome to Rahmat Documents

Terima kasih anda telah mengunjungi blog saya!
Semoga info yang ada Bermanfaat bagi anda





KLIK disiNI JUga yah!!!!!

Rabu, 11 November 2009

PERKEMBANGAN DEWASA PERTENGAHAN

A. Menyiapkan Anak Yang Berbakat Remaja Menjadi Dewasa Yang Hangat Dan Bahagia.
Usaha oran tua agar dapat menyipakan anak remaja menjaddi dewasa yang hangat dalah :
1. Kaitannya dengan pertumbuhan fisik anak
Anak diperlakukan dengan baik disertai dengan lingkungan yang memungkin kan anak hidup sehat. Pengetahuan orang tua tentang kesehatan danak dan gizi anak sangat diperlukan pada tahapan ini. Termasuk perlunya memahami kebutuha anak untuk istirahat bermain dan belajar. Peraturan-peraturan disesuaikan dengan pertumbuhan dan kebutuhan anak
2. Dalam kaitanya dengan perkembangan sosial
Pergaulan adalah juga suatu kebutuhan untuk memperkembangkan aspek sosial anak. Sehingga ia tidak cangung menghadapi mas dewasa yang kan datang.
Seorang anak membutuhkan orang lain untuk berhubungan dengan lingkungan sosialnya baik sengaja maupun tidak sengaja dan langsung maupun tak langsung. Peniruan menjadi salah ssatu faktor yang sering terjadi dalam proses pembentukan kepribadian anak. Orang tua wajib memperhatikan dengan siapa atu denga kelompok apa nak bergaul. Dan yang tak kalah pentinga nya untuk membemtuk kepribadian anak dalah hubungan anak dannn orang tua yang harmonis.
3. Dalam kaitn nya dengan perkembagan mental.
Komunikasi verbal antara orang tua dan anak. Khususnya pda tahun pertama adankj menuju dewasa besar pengaruhnya terhadap perkembangan mental anak.
Sebagai orang tua hendaknya menciptakan suasana yang memungkin kan peryumbuahn mental anak menuju dewa sa menjadi berkembanhg dengan baik termasuk perkembangan kognitif, dan skolastik anak. Penyeiana fasilitas perlu diperhatiakan tetepi tidak berlebihan
4. Dalam kaitanya dengan pengembangan rohani
Denagn menananam kan nilai nilai agam a kepda anak dengan cara melakukan kegiatan rohani seperti mengaji, shalat, dan melakukan bimbingan sesuai dengan kitap suci dan agam a masing-masing.

Usah orang tu yang tak kalah pentingnya lagi adalah:
a. Perlu menciptakan Susana baik dalam keluarga, jauh deri ketegngan emosi, jauh dri ucapan yangberhubungan dengan kalimat mencemooh, melecehkan dan menimbulkan suasan benci, kesal dan bermushan, dan sebaliknya keadaan yang penuh kasih sayang, perdamaain.
b. Perlunya dilakukan pendekatan pribadi.
c. Perlunya memperhatikan prinsip ulangan untuk memperkuat sesuatu agar kelak mantap sebagai bahagian dari kepribadianya
d. Orang tua harus menjadi teladan yang baik bagi anak kerena faktor imitasi .
B. Mengisi Waktu Senggang
Sebagai orang dewasa tidak hanya harus bekerja dengan baik tetapi juga perlu bgai mana bersenang-senang dan menikmati hidup
Aristoteles mengenali pentingnya waktu luang delam kehidupan, bahkan menekankan bahwa kita seharusnya tidak hanya bekerja dengan baik tetapi mengunakan waktu luang dengan baik. Ia pun mengambarkan wakyu luang sebagai hal yang lebih baik, karena hal ini dalah akhir kerja.
Waktu luang merupakan aspek yang khusus dari masa dewasa tengah, karena perubahan pengalaman beberapa individu pada titik yang berbeda dalam lingkaran hidup oranng dewasa. Perubahan mmeliputi, fisik, perubahan denngan pasangan dan anak-anak dan perubahan karir.
Waktu luang (leisure) merujuk pada waktu yang menyenangkan setelah bekerja ketika individu bebas untuk mengikuti aktivitas dan keinginan yang mereka pilih sendiri. Salah satu tema pokok penelitian pada waktu luang adalah meningkatnya ketergantungan pada televisi melebihi bentuk lain dari media massa sebagai sebuah bentuk hiburan. Olah raga juga bagian yang integral dari aktivitas-aktivitas waktu luang nasional, baik melalui keterlibatan langsung atau sebagai penonton. Beberapa ahli perkembangan percaya bahwa masa dewasa tengah adalah waktu dari pertanyaan bagaimana waktu seharusnya dihabiskan dan menetapkan prioritas (Gould,1978).
Waktu luang mungkin merupakan aspek penting yang khusus dari masa dewasa tengah, karena perubahan pengalaman beberapa individu pada titik ini berada dalam lingkaran kehidupan orang dewasa. Perubahan meliputi perubahan fisik, perubahan hubungan dengan pasangan dan anak-anak, dan perubahan karir. Bagi banyak individu, masa dewasa tengah adalah saat pertama kali dalam hidup ketika mereka memiliki kesempatan mengembangkan minat mereka.
Orang dewasa pada paruh kehidupan perlu mulai menyiapkan masa pensiun baik secara keuangan maupun psikologis. Membangun dan memenuhi aktivitas-aktivitas waktu luang pada masa dewasa tengah adalah bagian yang penting dari persiapan ini. Jika seorang dewasa mengembangkan aktivitas-aktivitas waktu luang yang dapat dilanjutkan sampai pensiun, peralihan dari kerja ke pensiun mungkin tidak terlalu menyebabkan stress.

Maasa dewasa tenggah adalah waktu ketika aktivitas waktu luang diasumsikan sangat penting. Waktu luang merupakan aspek penting yang khusus dari masa dewasa tenggah kerena perubahan-perubahan beberapa individu pada titik yang berbeda.
Bagi banyak inividu perubahan dewasa tenggah adalah saat pertama kalinya mereka dapat mengembangkan dirinya dan bakat yang dimilikinya.


RUJUKAN
http://www.Psikomedia.com/dewasa waktu luang.htm/ .
Prof. Dr . Singgih D Gunarsa199. Psikologi praktis anak. Remaja dan keluarga. PT. BPK Gunung Mulia. Jakarta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

harap anda mengisi komentar