Welcome to Rahmat Documents

Terima kasih anda telah mengunjungi blog saya!
Semoga info yang ada Bermanfaat bagi anda





KLIK disiNI JUga yah!!!!!

Sabtu, 08 Agustus 2009

BIMBINGAN DAN KONSELING

BIMBINGAN DAN KONSELING



1. PENGERTIAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Bimbingan dan konseling yang berkembang di Indonesia saat ini merupakan ilmu pengetahuan yang berasal dari Amerika Serikat dengan istilah guidance dan counseling.

a. Pengertian Bimbingan

Bimbingan menurut para ahli adalah:

1. Frank Parson
Bimbincan adalah bantuan yang diberikan kepada individu untuk dapat memilih,mempersiapkan diri dan memangku suatu jabatan serta mendapat kemajuan dalam jabatan yang dipilih itu.

2. Jones
Bimbingan adalah bantuan yang diberikan kepada individu dalam menentukan pilihan dan mengadakan berbagai penyesuaian secara bijaksana dengan lingkungan untuk mengembangkan setiap individu sesuai dengan kemampuan.

3. Crow & Crow
Bimbingan adalah bantuan yang diberikan oleh seseorang yang telah terlatih dengan baik,memiliki kepribadian dan pendidikan yang memadai pada individu untuk membantunya, mengatur kegiatan –kegiatan hidupnya,membuatkan keputusan dan menanggung bebannya sendiri.

4. Mortensen dan Schmuller
Bimbingan adalah bantuan yang di berikan untuk menyediakan kesempatan-kesempatan pribadi dan layanan staf ahli dimana setiap individu dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan dan kecakapannya secara penuh sesuai dengan yang di harapkan.

5. Rahman Natawidjadja
Bimbingan adalah proses pemberian bantuan kepada individu yang dilakukan secara berkesinambungan supaya individu tersebut dapat memahami dirinya sehingga sanggup mengarahkan diri dan dapat bertindak wajar sesuai dengan tuntutan dan keadaan keluarga serta masyarakat.

Jadi,bimbingan adalah proses pemberian bantuan kepada individu agar ia dapat mandiri dengan manggunakan bahan berupa interaksi, nasehat, gagasan dan asuhan yang di dasarkan atas norma yang berlaku.




b. Pengertian konseling

Konseling berasal dari bahasa latin yaitu counsillium yang berarti dengan atau bersama. Sedangkan menurut KBBI artinya penyuluhan.

Konseling menurut para ahli:

1. Glen E.Smith
Konseling adalah proses yang dilakukan oleh konselor untuk membantu klien membuat interpretasi-interpretasi tentang fakta-fakta yang berkaitan dengan suatu pilihan, rencana atau penyesuaian-penyesuaian yang perlu dibuat nya.

2. Milton E.Hann Malcolm S.O Maclean
Konseling adalah proses yang terjadi dalam hubungan seseorang dengan individu yang berkesulitan karena masalah-masalah yang tidak dapat diatasinya sendiri. Dimana seseorang itu sudah terlatih, berpengalaman dan mampu membantu orang lain memecahkan berbagai jenis masalah pribadi.

3. Lewis
Konseling adalah proses dimana seseorang yang bermasalah(klien) dibantu untuk merasa dan bertindak dalam cara-cara yang lebih matang melalui interaksi pribadi yang tidak bermasalah(konselor) yang menyediakan informesi dan reaksi-reaksi yang merangsang klien mengembangkan tingkah laku yang memungkinkan nya menjadi lebih efektif dengan dirinya dan lingkungan.

4. Tolbert
Konseling adalah hubungan pribadi yang dilakukan secara tatap muka antara dua orang(konselor dengan klien nya), dimana konselor membantu klien untuk memahami dirinya, keadaan nya sekarang dan kemungkinan keadaannya pada masa depan yang diciptakannya dengan menggunakan potensinya demi kesejahteraan pribadi dan masyarakat.

5. MC Daniel
Konseling adalah suatu rangkaian pertemuan langsung dengan individu yang ditujukan pada pemberian bantuan kepadanya untuk dapat menyesuaikan dirnya secara lebih efektif dengan dirinya sendiri dan lingkungan.

Jadi, konseling adalah hubungan timbal balik diantara dua orang individu dimana yang seseorang konselor sebagai pembantu klien untuk mencapai atau mewujudkan pemehaman tentang dirinya sendiri dalam menyelasaikan kesulitan yang dihadapi klien pada saat ini dan saat mendatang.


Berdasarkan uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa bimbingan konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan konselor kepada klien nya dalam pertemuan tatap muka dengan menggunakan nasehat dan gagasan yang didasarkan atas norma yang berlaku guna menyelesaikan kesulitan yang dihadapi klien pada saat ini maupun saat akan datang.






2. TUJUAN BIMBINGAN DAN KONSELING


a. Tujuan umum:

1. membantu individu mengembangkan diri secara optimal sesuai dengan tahap perkembangannya sesuai dengan tuntutan positif lingkungannya.

2. membantu individu untuk menjadi insan yang berguna dalam kehidupannya yang memiliki berbagai wawasan, pandangan, interpretasi, pilihan, penyesuaian dan keterampilan yang tepat berkenaan dengan diri sendiri dan lingkungannya.

b. Tujuan khusus:

1. memahami dirinya dengan baik yaitu; mengenal segala kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya berkenaan dengan bakat, kemampuan, minat, sikap dan perasaannya.

2. memahami lingkungannya dengan baik yang meliputi; lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, dan lingkungan social masyarakat.

3. membuat pilihan dan keputusan bijaksana yaitu; tentang diri sendiri dan lingkungan.


4. mengatasi masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan sendiri. Baik di sekolah maupun di luar sekolah.










DAFTAR PUSTAKA


Amti,Erman dan Marjohan. 1991. Bimbingan dan konseling. Jakarta: Depdikbud.

Prayitno dan Amti,Erman. 1994. Dasar-dasar Bimbingan dan konseling.
Jakarta: Depdikbud.

Sukardi,Dewa ketut. 1998. Bimbingan dan konseling. Jakarta: Bina Aksara.

Winkel,W.S. 1997. Bimbingan dan konseling di Institusi Pendidikan.
Jakarta: Grasindo.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

harap anda mengisi komentar