Welcome to Rahmat Documents

Terima kasih anda telah mengunjungi blog saya!
Semoga info yang ada Bermanfaat bagi anda





KLIK disiNI JUga yah!!!!!

Sabtu, 08 Agustus 2009

PERKEMBANGAN INTELEKTUAL sambungan

PERKEMBANGAN INTELEKTUAL sambungan

A. Klasifikasi Intelegensi
Pada periode remaja intelegensi berkembang semakin berkualitas dengan bertambahnya kemampaun remaja untuk menganalisisdan memikirkan hal-hal yang abstrak, akibatnya remaja makin kritis dan dapat berfikir dengan baik.Pikiran remaja sering dipengaruhi oleh teori-teori dan ide sehingga menimbulkan sikap kritis terhadap lingkungan.
Pendapat orang tua sering dibanding-bandingkan dengan teori yang diinternalisasi remaja, akibatnya sering terjadi pertentangan antara sikap kritis remaja dan aturan-aturan, adapt istiadat, kebiasaan dan norma-norma yang berlaku dilingkungan keluarga maupun dilingkungan masyarakat.
Sebagai akibat remaja telah mampu berpikir secara abstrak dan hipotesis, maka pola pikir remaja menunjukkan kekhususan sebagai berikut :
Timbul kesadaran berpikir tentang berbagai kemungkinan tentang dirinya.
Mulai memikirkan bayangan tentang dirinya pada masa yang akan dating.
Mampu memahami norma dan nilai-nilai yang berlaku dilingkungan.
Bersifat kritis terhadap berbagai masalah yang dihadapi.
Mampu menggunakan teori-teori dan ilmu pengetahuan yang dimiliki.
Dapat mengasimilasikan fakta-fakta baru dan fakta-fakta lainya.
Dapat membedakan mana yang penting dan mana yang tidak penting.
Mampu mengambil manfaat dari pengalaman.
Makin berkembangnya rasa toleransiterhadap orang lain yang berbeda pendapat.
Mulai mampu berfikir tentang masalah yang mulai konkrit, seperti pemilihan pekerjaan, kelanjutan studi dan perkawinan.
Mulai memiliki pertimbangan-pertimbangan yang rasional.

Taraf kecerdasan masing-masing individu tidak sama, ada yang rendah, sedang dan ada yang tergolong tinggi. Perbedaan itu telah ada sejak lahir, namun perkembangan selanjutnya dipengaruhi oleh lingkungan.
B. Usaha Guru dan Orang Tua Membantu Perkembangan Intelektual Remaja
Sebagai mana telah dikemukakan sebelumnya, bahwa potensi intelektual tidak dapat berkembang dengan sempurna tanpa mendapatkan perlakuan dari lingkungan. Oleh karena itu keluarga dan sekolah mempunyai peran yang sangat penting dalam mengembangkan kecerdasan anak. Yang dapat dilakukan antara lain :
 Dalam proses belajar mengajar hendaknya orang tua atau guru lebih mengutamakan proses dari pada hasil. Misalkan dalam memberikan pertanyaan kepada peserta didik tidak mengutamakan betul atau salah jawabannya semata, tetapi yang lebih penting dihargai adalah keberaniaanya untuk mengemukakan pendapat.
 Menggunakan metode pembelajaran yang dapat megembangkan kemampaun berfikir. Misalnya metode penemuan (inquiri), diskusi dan sejenisnya.
 Guru membantu siswa dalam konsep-konsep yang bersifat abstrak.
 Menyediakan fasilitas yang memadai untuk menumbuh kembangkan taraf kecerdasan anak, misalnya bahan bacaan, peralatan labor, permanian dan sebagainya.
 Memberikan tugas sekolah dengan berbagai macam metode yang dapat meransang dan mengembangkan daya piker.

Sumber:
Mudjiran, Dkk.2007. Perkembangan Peserta Didik. Padang: UNP

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

harap anda mengisi komentar