Welcome to Rahmat Documents

Terima kasih anda telah mengunjungi blog saya!
Semoga info yang ada Bermanfaat bagi anda





KLIK disiNI JUga yah!!!!!

Sabtu, 08 Agustus 2009

TAHAP – TAHAP PERKEMBANGAN DAN TUGAS – TUGAS

II
TAHAP – TAHAP PERKEMBANGAN DAN TUGAS – TUGAS
PERKEMBANGAN REMAJA

1. Tahap – Tahap Perkembangan
Masa remaja adalah suatu tahap dalam perkembangan dimana terjadi kematangan alat seksual dan tercapainya kemampuan repruduksi. Perkembangan secara keseluruhan mengikuti periodisasi yang teratur dari masa prenatal, masa bayi, masa kanak – kanak, masa anak, masa remaja, dewasa, masa tua. Pentahapan perkembangan ini mengikuti tahap perkembangan kemampuan fungsi fisik.
2. Tugas – Tugas Perkembangan
Tugas perkembangan adalah tugas yang muncul pada periode tertentu dalam kehidupan individu. Pencapaian tugas perkembagan yang sukses berperan penting untuk pencapai tugas – tugas selanjutnya, sedangkan kegagalan ( pencapaian tugas – tugas perkembangan ) mengarah timbulnya ketidakbahagian dalam diri individu itu dan sulit untuk mencapai tugas perkembangan selanjutnya.
Tugas perkembangan perkembangan remaja :
• Menguasai kemampuan membina hubungan baru yang lebih matang dengan teman sebaya atau berbeda jenis kelamin.
• Menguasai kemampuan melaksanakan peranan social sesuai dengan jenis kelamin.
a. Sebagai laki-laki
- Mampu membina hubungan yang harmonis dengan perempuan.
- Mau melindungi wanita dan orang-orang lemah.
- Memiliki rasa percaya diri dalam bergaul.
- Memiliki kemampuan berfikir positif.
- Menyukai kerapian
b. Sebagai wanita
- Mampu membian hubungan dan kerjasama yang baik dengan laki-laki.
- Bertingkah laku lembut.
- Melakukan komunikasi yang sopan.
- Menempatkan kasih saying kearah yang lemah
• Menerima keadaan fisik dan mengaktualisasikan secara efektif.
- Pria meneriam tubuhnya yang maskulin
- Wanita menerrima tubuhnya dan berusaha meneriama dan menjaga tubuhnya.
- Wanitamengerti dengan prinsip-prinsip reproduksi.
• Memcapai kemerdekan emosional dari orang tua dan orang dewasa lainya.
• Memiliki kemampuan untuk mandiri secara ekonomi.
• Memiliki kemampuan memilih dan mempersiapkan diri untuk berkarir.
• Berkembangnya keterampilan intelektual dan konsep – konsep yang perlu untuk menjadi warga Negara yang baik.
• Memiliki keinginan dan bertingkah laku yang bertanggung jawab secara social.
• Memiliki perangkat nilai dan system etika bertingkah laku.
• Memiliki kemampuan untuk memilih dan mempersiapkan diri untuk berkarir.
• Berkembanngya keterampialan intelektual dan konsep menjadi warga yang baik.
• Memiliki keinginan brtanggung jawab trhadap tingkah laku sosial.
Ia menjunjung tinggi nilai-nilai sosial, mental, dan ingin bertingkah laku sosial.

3. Usaha Yang Dapat Dilakukan Guru Dan Orang Tua Untuk Menwujudkan Tugas – Tugas Perkembangan Remaja
a. upaya pengembangan kehidupan pribadi.
- hidup sehat dan teratur
- Menjalankan tugas dan pekerjaan sehari-hari dengan cara mandiri.
- hidup bermasyarakat dan melakukan prgaulan dengan baik.
- Menunjuakan dan melatih serta merespon berbagai masalah yang dihadapi.
- mengikuti aturan kehiduapan.
b. Upaya pengembangan kehidupan dan karir.
- memberi pemahaman diri,bakat, keterampilan, minat dan cita-cita pribadi.
- memberi pemahaman linkungan, baik pendidikan, pekerjaan.
- memberi bantuan dalam pengembangn karir.
c. pengembangan kehidupan bekeluarga.
- memberi pemahaman tentang pergaulan, dan member pengetahuan tentang etika pergaulan
- memberi bimbingan kepada siswa tentang norma yang berlaku.
4. tahap perkembangan remaja.
a) Perkembangan koknitif.
- Tahap sensori motorik (0-1 tahun)
- Tahap pra operasional (2-7 tahun)
- Tahap operasional kognitif (7-11 tahun)
- Tahap operasional formal.
b) Tahap perkembangn sosial remaja menurut Piaget.
- Tahun pertama.
Interaksi sosialsangat terbatas terutama hanya dengan ibunya. Prilaku sosial berpusat pada akunya.
- Tahun kedua
Anak mulai bereaksi dengan lingkunagnya secara aktif belajar membedakan dirinya dengan orang lain.
- Diatas tahun kedua.
Anak mulai belajar disekolah yaitu mengembangkan interaksi sosial dengan belajar meneriama pandangan kelompok, memahami tanggung jawab dan berbagi pengertian dengan orang lain.
- Masa remaja
Interaksi pengenalan terutama lawan jenis menjadi sangat penting dan menjadi kebutuhan sebuah pergaulan.
Sumber:
1. Tim Pembina mata kuliah PPD.2007.Perkembangan perseta didik. Padang. UNP.
2. Elida Prayitno. 2000. Psikologi perkembangan remaja. Padang. Angkasa raya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

harap anda mengisi komentar