Welcome to Rahmat Documents

Terima kasih anda telah mengunjungi blog saya!
Semoga info yang ada Bermanfaat bagi anda





KLIK disiNI JUga yah!!!!!

Sabtu, 08 Agustus 2009

PERKEMBANGAN MASA REMAJA

PERKEMBANGAN MASA REMAJA
(LANJUTAN)

A. Kekhasan tingkah laku moral remaja.
1. Remaja menyadari bahwa yang disebut benar atau salah itu adalah atas pertimbangan keadilan atau kebijaksanaan atas kemauan orang yang berkuasa.
2. Remaja paham tentang perlakuan moral atau agama dan sosial karena telah diperolehnya kemampuan untuk memahami sesuatu dari sudut pandang tertentu.
3. Akiabat perubahan diatas remaja mengalami konflik tingkah laku moral dengan pikiran moral.

B. Faktor yang mempengaruhi perkembangan moral remaja.
1. Orang tua dan guru sebagai model
Super ego terbentuk pada remaja karena remaja megdentifikasi orang tua yang sejenis kelamin dengan mereka. Ini berarti hilangya sifat odepus compleks.
Menurut Freud, baik remaja pria maupun wanita meniru tingkah laku oaring tua yang sejenis adalh karena keinginan untuk seperti orang tua. Anak lelaki ingin seperti ayahnya dan anak perempuan seperti ibunya.
Aspek tingkah laku yang ditiru oleh orang tua diperlukan atau diuji dengan kenyatan yang berbeda dilingkungan sehingga trjadi identifikasi tinkah laku.
2. Disiplin yang diberikan orang tua
Tedapat hubungan antara disiplin orang tua dengan perkembanganmoral remaja.
- Orang tua itu menonjolkan kekuasaan dalam mendisiplinkan remaja, dapat melemahkan perrkembangan moral remaja.
- Orang tua yang menetapkan disiplin penarika cinta menimbulkan pengaruh buruk bagi perkembangan remaja.
- Orang tua yang menetapkan disiplin induksi, maka akan meningkatkan perkembangan moral remaja.
- Disiplin yang dilakukan acak jarang mempengaruhi perkembangan moral remaja.
- Perasan kasih sayang yang diberikan orang tua melalui tingkah laku yang ramah hangat akan membawa dampak positif bagi perkembangan moral.
3. Interaksi dengan teman sebaya.
Piaget menyatakan bahwa interaksi denga teman sebaya dan kemampuan bermain oeran meningkatkan perkembangan moral remaja. Interaksi dengan teman sebaya dan kemampuan bermain peran terjadi karena telah dikuasainya kemampuan memahami sesuatu
.
C. Usaha yang dapat dilakukan orang tua, guru dalam mengembangkan moral remaja
a) Menciptakan kelas sebagai lingkungan yang membuat siswa hidup hormat menghormati.
b) Beri siswa kwsempatan mengemukakan pendapat dalam aturan kelas.
c) Berilah hukuman yag sesui dengan pelanggaran.
d) Breri kesempatan siswa bekerja dalam kelompok.
e) Dalam bercerita atau beriskusi tentang pengalaman sehari-hari buatlah anak memikirkan perrasaan orang lain.
f) Buatlah permainan peran dalam kehidupan sehari-hari
g) Adakan kesempatan untuk mendengarkan jawaban siswa tentag pekembangan moral.
h) Jangan memberikan penilaian terhadap perkembangan moral atas dasar tingkah laku setiap orang.
Sumber:
- Tim dosen PPD, perkembangan peserta didik. Padang DIRJEN Dikti,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

harap anda mengisi komentar