Welcome to Rahmat Documents

Terima kasih anda telah mengunjungi blog saya!
Semoga info yang ada Bermanfaat bagi anda





KLIK disiNI JUga yah!!!!!

Sabtu, 08 Agustus 2009

KEBUTUHAN SOSIAL PSIKOLOGI REMAJA

KEBUTUHAN SOSIAL PSIKOLOGI REMAJA

A.Jenis-jenis Kebutuhan Manusia
Setiap manusia memiliki kebutuhan dasar antara lain: Psikologis, Fisiologis, dan sosiologis yang memerlukan pemenuhan. Apabila ada kebutuhan yang tidak terpenuhi, maka akan menimbulkan berbagai bentuk penyimpangan tingkah laku bagi individu yang bersangkutan. Oleh karena itu perlu dilakukan berbagai upaya oleh semua pihak yang terkait, sepertiorang tua, guru / sekolah untuk memenuhi kebutuhan remaja tersebut.

Menurut Maslow kebutuhan manusia terdiri dari lima jenis dan berjenjang, yang terkenal dengan “ Hirarki Kebutuhan ” manusia yang disebut dengan hierarki. Lima jenis kebutuhan itu sebagai berikut:
1. Kebutuhan Fisiologis
Dari lima kebutuhan itu, kebutuhan yang harus segera di penuhi adalah kebutuhan fisik. Contoh dari jenis kebutuhan ini antara lain kebutuhan untuk makan, minum, pakaian, seks, udara segar, istirahat dan sebagainya.
2. Kebutuhan Rasa Aman
Kebutuhan rasa aman dan tentram juga disebut denagn istilah “ safety needs “. Rasa aman yang bersifat psikis, yaitu aman dalam bentuk lingkungan emosional. Aman berarti terbebas dari gangguan dan ancaman, serta permasalahan yang dapat mengganggu ketenangan hidup seseorang.
3. Kebutuhan akan Rasa Cinta dan Memiliki atau Kebutuhan Sosial
Kebutuhan ini dapat berupa: perasaan diterima orang lain,merasa dirinya berguna bagi orang lain, diikutsertakan dalam kelompoknya, mengembangkan persahabatan dan sebagainya. Orientasi pemenuhan kebutuhan ini cenderung pada terciptanya hubunagn sosialyang harmonis dan kepemilikan.
4. Kebutuhan Harga Diri
Setiap manusia membutuhkan pengakuan secara layak atas keberadaanya bagi orang lain. Beberapa bentuk kebutuhan ini antara lain adalah ingin memiliki citra diri positif, menerima pengakuan, penghargaan dan perhatian orang lain.
5. Kebutuhan Aktualisasi Diri
Setiap orang memiiki potensi dan potensi itu perlu pengembangan dan pengaktualisasian. Orang akan menjadi puas dan citra dirinya positif apabila dapat mewujudkan potensi-potensi yang dimiliki dengan baik dan dapat mewujudkan peran serta tanggung jawabnya dengan baik pula.

Menurut Jumhur dan Moh. Surya (1975) ada sembilan jenis kebutuhan manusia, sebagai berikut:
• Kebutuhan untuk memperoleh kasih sayang
• Kebutuhan untuk memperoleh harga diri
• Kebutuhan untuk memperoleh prestasi dan posisi
• Kebutuhan untuk memperoleh penghargaan yang sama dengan orang lain
• Kebutuhan untuk memperoleh kemerdekaan diri
• Kebutuhan untuk memperoleh rasa aman dan perlindungan diri
• Kebutuhan untuk dikenal orang lain
• Kebutuhan untuk merasa dibutuhkan oleh orang lain
• Kebutuhan untuk menjadi bagian dari kelompoknya

Dari dua pendapat para ahli itu dapat disimpulkan bahwa kebutuhan dasar manusia haruslah dipenuhi agar tidak terjadi penyimpangan tingkah laku. Perlu diketahui juga bahwa kadar kepuasan pemenuhan setiap kebutuhan itu untuk setiap orang berbeda-beda. Namun pada prinsipnya semua kebutuhan itu memerlukan pemenuhan selanjutnya.

B. Jenis-jenis Kebutuhan Sosial Psikologi pada Masa Remaja
Menurut Andi Mappiare (1982) ada dua jenis kebutuhan remaja yaitu: kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder. Kebutuhan primer itu menyangkut kebutuhan makan, minum, tidur dan lain-lain, sedangkan kebutuhan sekunder berupa kebutuhan untuk dihargai, untuk mendapat pujian, memperoleh kedudukan dalam kehidupan orang lain, menghasilkan sesuatu dan semacamnya.

Rumusan jenis kebutuhan remaja dikemukakan oleh Komisi Perencanaan Pendidikan pada National Education Assosiation American ( dikutip Andi Mappiare: 1982 ) sebagai berikut:
a) Remaja merasa butuh untuk mengembangkan keterampilan yang dapat digunakan sebagai bekal untuk bekerja (yang menghasilkan uang)
b) Remaja sangat memerlukan informasi untuk memelihara kesehatan dan kesegaran fisiknya
c) Remaja membutuhkan suatu informasi atau pengetahuan tentang hak dan kewajiban seorang warga negara yang baik
d) Memerlukan pengetahuan tentang masalah keluarga dan maknanya bagi individu maupun masyarakat
e) Perlu pengetahuan dan informasi bagaimana memperoleh dan memanfaatkan fasilitas yang ada dan bagaimana cara pemeliharaannya
f) Butuh informasi tentang peranan ilmu pengetahuan (science) bagi kehidupan manusia
g) Membutuhkan peresapan makna (apersepsi) dan penghargaan terhadap seni, musik dan keindahan alam
h) Memerlukan informasi bagaimana cara memanfaatkan waktu luang dengan baik
i) Membutuhkan pengetahuan tentang cara mengembangkan rasa hormat (respect) pada orang lain
j) Membutuhkan wawasan dan pengetahuan untuk mampu berfikir secara rasional

Menurut Garrison (dalam Andi Mappiare: 1982) ada tujuh jenis kebutuhan khas remaja,antara lain:
• Kebutuhan untuk memperoleh kasih saying
• Kebutuhan untuk diikutsertakan dan diterima oleh kelompoknya
• Kebutuhan untuk mampu mandiri
• Kebutuhan untuk mampu berprestasi
• Kebutuhan untuk memperoleh pengakuan dari orang lain
• Kebutuhan untuk dihargai
• Kebtuhan untuk mendapat falsafah hidup
Jenis-jenis kebutuhan hidup tersebut sangat diperlukan untuk bekal awal bagi remaja dalam mensikapi lingkungannya dengan baik agar mereka dapat diterima oleh lingkungannya. Dengan penguasaan dan pemenuhan kebutuhan itu remaja dapat hidup layak sesuai dengan tuntutan lingkungan mereka. Kebutuhan-kebutuhan tadi dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: fakyor individual, factor sosial, factor cultural, dan factor religius (termasuk nilai-nilai yang dianut). Masing-masing factor tesebut dapat mewarnai tinggi rendahnya tingkat pengharapan atas pemenuhan setiap kebutuhan tersebut.

Sumber :
- Mudjiran, dkk.2007.Perkembangan Peserta Didik.Padang:Unp Press

3 komentar:

harap anda mengisi komentar