Welcome to Rahmat Documents

Terima kasih anda telah mengunjungi blog saya!
Semoga info yang ada Bermanfaat bagi anda





KLIK disiNI JUga yah!!!!!

Kamis, 06 Agustus 2009

PENGERTIAN PERKEMBANGAN DAN PERTUMBUHAN

PENGERTIAN PERKEMBANGAN
DAN PERTUMBUHAN
A. Perkembangan
Menurut para ahli pengertian perkembangan yaitu suatu proses perubahan dalam diri individu yang bersifat kualitatif atau untuk fungsi psikologis yang berlangsung secara terus menerus kearah yang lebih baik/ progresif yang disebut kematangan
Dari definisi di atas dapat dipahami bahwa perkembangan mengandung arti sebagai berikut;
1. Perubahan fungsi psikologis atau perubahan bersifat kualitatif,artinya perubahan dapat dilahat dari kemempuan bertingkah laku lebih matang,baik tingkah laku sosial,emosional,moral maupun intelektual.
2. Perubahan iti merupakan proses yang bersikenambungan dan terus menerus.Ini berarti bahwa perubahan pada perkembangan bukan terjadi secara tiba –tiba dalam waktu yang singkat tetapi perubahan yang terjadi terus menerus dan berkelanjutan serta bertahap-tahap sepanjang hidup manusia.
3. Perubahan yang mengarah kepada pencapaian kematangan.Kematangan adalah tercapainya kemempuan bertingkah laku secara fisik, sosial emosional, moral dan intelelektual secara sempurna sesuai dengan tugas perkembangan tertentu.

B. Pertumbuhan
Menurut para ahli pertumbuhan adalah perubahan pada diri individu yang bersifat fisik, dan dapat diukur secara kuantitatif,seperti perubahan tinggi badan yang dapat diukur dengan meter, perubahan berat badan yang dapat diukur dengan kilogram.

2.Ciri Ciri Perkembangan Remaja
Ciri-Ciri perkembangan remaja yang normal menurut Blair & Jones, 1964; Ramsey, 1067, Mead, 1970;Dusek, 1977;Besonky,1981, adalah;
a. Remaja mengalami perubahan fisik (pertumbuhan)paling pesat,dibandingkan dengan periode perkemnangan sebelum maupun sesudahnya.Pertumbuhan fisik pada permulaa remaja sangat cepat.Tulang- tulang memanjang lebih cepat,otot-otot bertambah kuat,dan berbagai organ tubuh bagian dalam bertambah kuat dan berfungsi sempurna.
b. Mempunyai energi yang berlimpah secara fisik dan psikis yang mendorong mereka untuk berprestasi dan neraktivitas.Periode remaja merupakan periode paling kuat secara fisik dan paling kuat secara fisik dan paling jreatif secara mental sepanjang periode kehidupan manusia.
c. Perhatian mereka lebih terarah kepada teman sebaya dan secara berangsur melepaskan diri dari keterkaitan dengan keluarga.
d. Remaja memiliki keterkaitan yang kuat dengan lawan jenis.
e. Periode Idealis.Periode masa remaja merupakan periode terbentuknya keyakinan tentang kebenaran,keagamaan dan kebijaksanaan yang benar terjadi dimasyarakat.
f. Menunjukkan kemandirian.Remajamenunjukkan keingginan untuk mengambil keputusan tentang diri mereka sendiri.mereka ingin menentukan jurusan atau sekola,karier dan temen-temen akrab.
g. Berada pada periode transisi antara kehidupan masa kanak-kanak dan kehidupan orang dewasa.oleh karena itu,mereka akan mengalami berbagai kesulitandalam hal penyesuain diri untuk menempuh kehidupansebagai orang dewasa.
h. Pencarian identitas diri.pencarian identitas diri merupkan suatu kekhasan perkembangan remaja untukmengatasi periode transisiseperti dikemukakan sebelumnya.

3.Prinsip-Prinsip Perkembangan
a. Prinsip Kematangan
Taraf kematangan kognitif ,sosial,dan emosional,serta moral akan mempengaruhi prestasinya dalam sekolah.Remaja yang matang secara kognitif mampu memahami konsep-konsep abstrak,seperti nilai kebenaran yang murni,menghubungkan peristiwa sekarang dengan peristiwa yang akan datang.
b. Prinsi Kesatuan Organisasai
Anak merupakan suatu kesatuan antara fisik dan psikis dan kesatuan komponen dari kedua unsur tersebut.Pekembangan aspek fisik atau psikis berkaitan satu sama lain dan saling mempengaruhi.

c. Prinsip Tempo dan Irama Perkembangan
Prinsip ini mengatakan bahwa remaja berkembang sendiri-sendiri.Setiap remaja memiliki tempo dan irama perkembangan yang berbeda dengan remaja yang lain.Ada remaja yang cepat dan ada yang lambat perkembangannya.
Tempo dan irama perkembangan remaja ditentukan oleh dua factor,yaitu factor pembawaan (potensi dasar) dan lingkungan.
d. Prinsip Kesamaan Pola
Prinsip ini mengemukakan bahwa anak sebagai manusia mengikuti pola umum yang sama dalam perkembangannya.

Prinsip ini mempunyai beberapa implikasi dalam pelaksanaan pendidikan,yaitu sebagai berikut.
1. Pada umumnya pendidikan dapat dilaksanakan secara klasikal terhadap remaja yang berumur kronologos sama.
2. dapat dilaksanakan keseragaman pendidikkan untuk anak tingkat umur kronologis tertentu.
3. dapat disediakan alat-alat permainan tertentu yang dapat digunakan dari generasi generasi berikutnya untuk anak ynag sebaya.
e. Prinsip Kontinuitas
Perkembangan berlangsung secara terus menerus dan berkesinambungan. Perkembangan pada periode awal mempengaruhi pencapaian perkembangan periode berikutnya.
Sumber: mudjiran dkk.2007,buku ajar perkembangan peserta didik padang: UNP
Elishabet. B . Hurlock .1980. psikologi perkembangan Jakarta: Erlanga

2 komentar:

harap anda mengisi komentar